Monday 25 February 2019

NHW #4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah


Assalamualaikum, hello blogworld! Kembali lagi dengan tugasan selanjutnya dari program Matrikulasi Ibu Profesional Batch 7. Sungguh, kali ini diajak berfikir keras, dan tugasan inipun akhirnya kelar setelah 3 hari semedi. Draftnya ketik, delete, ketik, delete. Semoga tulisan yg dituangkan kali ini bisa menjawab goal dari tugasan kali ini yaaa >.<

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Sepertinya setelah semedi, saya harus lebih spesifik dalam menentukan jurusan ilmu yang akan saya pelajari yang lebih membawa manfaat buat anak saya kelak. Ilmu menggendong sangat bermanfaat buat anak saya, tapi jangka waktunya hanya sebatas sampai anak mau digendong, selebihnya akan bermanfaat buat orang tua dan anak lainnya. Maka dengan itu, saya memutuskan untuk focus pada jurusan ilmu pendidikan dan pengasuhan anak, membersamai anak dalam tumbuh kembangnya serta mendidiknya di rumah dengan metode berbasis Al-Quran dan Sunnah serta menambah input dari metode Montessori dan Waldorf. 


b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Untuk checklist, sudah saya perbaharui, berdasarkan contoh dari teman-teman yang terpilih dalam E-Bulletin. Hanya saja, saya masih berjuang untuk konsisten dalam mempraktekkannya. Sungguh, saya masih belajar setiap hari agar bisa membagi waktu untuk segudang aktivitas dan kewajiban  yang saya harus saya laksanakan.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Menurut saya, yang utama adalah untuk taat kepada-Nya dengan melakukan suruhan-Nya. Dan yang pasti, adalah menebar benih-benih manfaat buat diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan agar hidup menjadi berkah.

Misi hidup : Menjadi insan yang bermanfaat buat semua
Bidang : Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Peran : Istri, Ibu, Konsultan Menggendong

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Bunda Sayang: Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
Bunda Cekatan: Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
Bunda Produktif: Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian, finansial dll
Bunda Shaleha: Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup!

Saya memulai di KM 0 di usia saya saat ini, yaitu 29 tahun. Saya akan mecoba belajar, memahami dan mempraktekkan bidang ilmu yang saya tekuni agar bisa mencapai goal yang keluarga kecil kami inginkan.

KM 0 – KM 1 : Menguasai ilmu pengasuhan dan mendidik anak
KM 1 – KM 2 : Menguasai ilmu manajemen diri dan keluarga
KM 2 – KM 3 : Menguasai ilmu entrepreneurship
KM 3 – selanjutnya : konsisten dalam mempraktekkan kegiatan yang bermanfaat agar membawa kebaikan untuk anak, keluarga dan orang lain

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Setelah membaca contoh dari teman-teman yang terpilih untuk E-Bulletin, saya segera koreksi ceklis saya. Dan setelah masuk ke minggu ke-4, sepertinya semakin banyak ceklis yang saya koreksi agar sesuai dengan misi saya. Semoga saya konsisten melakukannya.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan!

Bismillah, semoga dipermudahkan usaha dan ikhtiarnya. AAMIIN

-MS-


No comments:

Post a Comment