Monday 4 March 2019

NHW #5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar


Assalamualaikum, hello blogworld! Kembali dengan Nice Homework di mingu ke-5, yang sukses bikin mengerutkan dahi sambil berfikir keras. >.<

                Buat saya, proses belajar itu terjadi sepanjang hayat. Tak hanya pendidikan formal di bangku sekolah & kuliah saja, tapi selama kita menjalani proses kehidupan sehari-hari, itulah saatnya kita belajar. Sebagai mahkluk yang menyukai hal sederhana, tanpa aturan yang terlalu ketat, saya ingin bebas berkreasi membuat design pembelajaran cara saya. Yang utama, adalah membuat jadwal berstruktur tentang aktivitas seharian dan istiqomah dalam melaksanakannya. Inilah perjuangan saya, bersama seorang putri kecil yang harus saya bersamai setiap hari. Kadang terjadi kondisi “cakap tak serupa bikin” kalau kata orang Melayu. Sudah dibuat sedemikian rupa planning minggu ini seperti apa, yang terjadi kadang malah sebaliknya. Back up plan perlu, tapi sesungguhnya dengan adanya putri kecil di rumah, saya harus selalu siap berimprovisasi dengan rencana yang saya buat.


                 Learning Method (Cara belajar) yang biasa saya terapkan dalam keseharian saya mencari tau tentang sesuatu adalah dengan banyak membaca buku atau informasi dari media eletronik (yg ini harus selalu double check jangan mudah percaya informasinya bisa jadi ga relevan). Selain itu, saya menyukai jenis talk show edukatif atau public speaking seperti Ted Talks yang sangat mencerahkan dan menginspirasi tentang sesuatu bidang kehidupan (ini macam-macam banget topiknya jadi seru sekali). Bertanya kepada ahlinya juga merupakan salah satu learning method yang saya terapkan untuk belajar. Saya percaya bahwa seorang ahli yang sangat berpengalaman dalam bidangnya akan pastinya menguasai bidang ilmu tertentu.   

Learning Topic (Topik Pembelajaran) yang akan saya fokuskan tentunya seputar dunia pengasuhan dan mendidik anak, at least sehingga anak saya masuk usia sekolah. Rencananya mau TK di usia 5 tahun, jadi masih ada 2.5 tahun lagi bersama saya di rumah. Topiknya apa aja? Apa aja siih. >.< yang saya fahami, anak-anak menyerap informasi seperti sponge, jadi semua hal yang baik untuknya, tumbuh kembangnya akan sangat bermanfaat buatnya. Tentunya juga akan sangat bermanfaat buat saya sebagai seorang mama. Saat ini saya sedang melatih anak saya untuk menghafal surah & doa pendek. Walau masih terbata-bata, tidak mengapa, semoga di saat yang tepat, putri kecil saya sudah mampu untuk melafalkan dengan baik. Selain itu, pretend play rutin kami lakukan setiap hari, terutama main masak-masak, maklum anak cewek, sukanya begituan. Karna keseharian kami adalah di rumah (dan sesekali saya mengisi konsultasi menggendong privat/grup serta Penasehatan Calon Pengantin di KUA – Edukasi Menyusui) jadi saya lebih mempraktekkan belajar sambil mengeksplorasi sekitar. Apapun di sekeliling kita bisa dijadikan topic pembelajaran.

Rasanya cukup hal-hal yang saya jabarkan diatas sebagai cara saya, gue banget. >.< prosesnya akan terus menerus, selalu ada yang baru dipelajari setiap hari, jadi tentu saja cara belajar ini akan bisa sangat bervariasi dari wkatu ke waktu.

-MS-

No comments:

Post a Comment