Wednesday 11 February 2015

Review Vendor : Pop Up Mahar (@PopUpFrame)

Greetings, good people!

                Salah satu kebutuhan pas akad nikah adalah mahar, pemberian ikhlas sang pengantin pria kepada pengantin wanita yang dicintainya. EAAA. So, setelah mikir panjang, mahar yang saya inginkan adalah Logam Mulia (LM) atau emas batangan seberat 10 gr. Kenapa LM? Karena LM bisa jadi asset dan bisa dimanfaatkan ketika dibutuhkan. Gitu aja sih alesannya. Hhe. Tapi, sebelum diputusin, saya tanya dulu sama Bapak Negara, beliau sanggup ga?

“Berilah mereka mahar dengan penuh ketulusan. Tetapi jika mereka rela memberikan sebagian dari mahar, maka ambillah dengan cara yang halal dan baik” (QS an Nisa’ ayat 4)

                Nah, setelah Bapak Negara setuju untuk beliin LM 10 gr, maka saya pun mikirlah bagaimana caranya untuk menghias mahar pas akad nanti. Browsing lagi deh. Ada macem-macem banget hiasan mahar, dari yang paling simple sampai yang paling rumit. Range harga juga beda-beda. Dimulai dari Rp. 100.000. Awalnya, saya kepikiran untuk beli kotak yang dihias bunga-bunga terus LM dan cincin  nikahnya ditempatin disono. Kira-kira begini :




Image From Here



                Terus mikir deh. Kalau misalnya udah selesai nikahan, tuh kotak mau diapakan? Mau dipajang? Mau dikasih ke orang yang mau nikahan? Mau dijual lagi? HAHA. Semacam rugi aja sih, abis nikahan ga bisa dipake buat apa-apa lagi. kalo untuk hiasan pemanis ruangan saya kurang sreg bunga-bunga gitu. *dasar :p Terus browsing lagi deh, sampe nemu model mahar yang di frame kan seperti ini :



Image From Here


Image From Here



                Maharnya terbuat dari uang kertas yang dilipat dengan sangat berseni dan terpajang cantik dalam frame 3D. Ada juga uang coin jaman dulu. terutama yang nikahnya di tanggal cantik, jumlah mahar juga disesuaikan dengan mahar. Nah, saya jadi mikir. Abis nikahan, tuh mahar gimana ya? Dibongkar lagi biar duitnya disimpan istri? Jadi pajangan? Ga takut malingkah? Hehe :p

                Finally, setelah sekian lama, saya ketemu dengan suatu design mahar yang lagi nge-hits banget, yaitu design pop up. Yup, potongan gambar yang di templein dalam frame 3D. Pertama itu saya tanya ke @PopYourHeart, berapaan harga framenya. Hmmm ukuran yang saya request itu hampir bikin dompet jebol. Ga mahal-mahal amat sih, sesuai sama kualitas produknya lah yah (hasil dari stalking akun Instagramnya). Cuma ya karena harganya jauh dari budget (again, patokannya BUDGET yang ga boleh bengkak), so terpaksa say good bye to @PopYourHeart.

                Sebenarnya, ada banyak online shop yang menawarkan jasa membuat mahar pop up ini. Tinggal search aja hestek #popupmahar pasti bejibun fotonya muncul. Akhirnya pilih punya pilih, pilihan jatuh kepada @PopUpFrame milik Elvira. Kenapa pilih olshop ini? Alesan pertama ya karena harganya masih masuk akal dan masuk di budget (udah ngitung plus ongkirnya juga). Terus,hasil jadinya juga oke, tata letak fotonya bagus dan kualitas foto cetakannya juga bagus. Berdasarkan pengamatan di Instagramnya. So, langsung aja kita contact dan pesan terus bayar DP biar masuk antrian.

                Kalau mau pesen disini, sudah bayar DP baru kita boleh diskusi model apa yang kita mau untuk design maharnya. Ketika saya jelasin ke Elvira mau bikin tema perminyakan, dia nya bengong, ga ngerti kayak apa. Jadi terpaksalah saya kirim foto-foto rig dan orang-orang pakai coverall. Itu pun masih belum terbayang sama dia. Dan akhirnya, karena dia masih ga ngeh yang kita mau seperti apa, jadilah saya sendiri yang browsing foto-foto dunia perminyakan yang bisa dijadikan background mahar kita nanti.

                Disini drama telenovela paling mengharukan dimulai. LEBAY. Setelah itu kita kirimlah foto-foto tersebut via Whatsapp, ya karena emang sebelumnya kita emang komunikasi via WA. Dan menurut pemilik olshopnya, resolusi foto yang kita kirim terlalu kecil, takutnya nanti kalau di print akan pecah fotonya. Okay. Saya pun request ke Bapak Negara untuk edit foto-foto tersebut dan beliau dengan sabar melakukannya. Setelah diedit via PC, saya pun kirimlah foto tersebut via email ke si Elvira ini. Parahnya, dia bilang susah kalau download fotonya yang dikirim via emel, coba kirim pakai Line. OKAY. SABAR. Kirim deh pakai Line. Coba tebak apa responsnya? “SIZE FOTONYA KEBESARAN, SIS”. Omaigad.

                Bapak Negara udah mau meledak dan bilang cancel aja orderannya. Tapi sang calon manten wanita ini ngotot mau yang itu juga, jadi ya sudahlah, di edit lagi fotonya. Maksimal 2 MB. Dan itu baru diinformasikan setelah kita kirim foto size 10MB. GILAAAAA. Katanya kurang gede, pas udah gede kegedean. KZL. Akhirnya foto-foto kelar. Terus dibuatkanlah sama dia draftnya. Lumayan, cuma perlu diedit lagi sesuai keinginan kita. Karena kita kan mau pake LM, so gambar-gambarnya full di frame, ga banyak bolong-bolong.

                Untuk realisasi dari draft jadi bentuk nyata alias frame nya kelar ini pun kudu nunggu dengan kesabaran tingkat dewa. Kalau saya tanyain kapan kelar ya pasti jawabannya “kan sis acaranya Desember, masih lama”. Ga sih, bukan masalah masih lama atau ga. Kalau saya sudah ikut antrian untuk order ya kerjain ajalah, ga perlu tunggu sampai tanggal nikahan mepet baru mau dibuat. Tunggu punya tunggu akhirnya dibuat juga. Dikirimlah foto ini sama yang punya olshop :





                Alhamdulillah, lumayan. Jadilah daripada ga ada. So, nunggu deh paketannya nyampe. Dan ketika paketannya sampe, ada sedikit cacat pada frame tersebut. Yup, ada bagian cat yang terkelupas. Menurut saya, cat nya terkelupas karena frame nya tidak dilindungi bubble wrap, hanya pakai kertas coklat (semacam kertas amplop) terus dipacking kayu. Nah, abis packing kayu baru di kasih bubble wrap. Sudah saya kasitau ke yang punya olshop dan dia menyarankan untuk pake pilox aja buat cover up. Ga saya cover sih, biarin aja.

                Well, itu kan frame 3D yang harus dibuka dan tempelin LM nya. Ternyata frame tersebut semacam DIY frame yang menurut saya konstruksinya sangat rapuh. Entah saya yang kurang hati-hati memegangnya, atau memang tempelannya mudah sekali jebol, pas nyampe di Kerinci, ada satu sisi frame yang lepas. Iya, RUSAK. Padahal saat itu framenya belum saya apa-apain, belum saya buka untuk masukin LM nya. Kecewa. Hiks. L Bapak Negaralah yang dengan sabar mencoba nempelin lagi kepingan frame yang patah itu. Terus nempelin LM nya. Lumayanlah, bisa bertahan sampai acara akad pas tanggal 13 Desember.

                Overall, saya kasih nilai 6 untuk @PopUpFrame. Menurut saya, pelayanan terhadap customer harus ditingkatkan, kudu fast response dan komunikasi yang jelas. Misalnya bilang dengan jelas resolusi foto mau berapa. Masalah emel sih saya juga bingung, kok repot ya download foto di emel? ._. Terus untuk kualitas framenya, mungkin bisa dibuat lebih kokoh lagi. Yup, saya ngerti banget ada hal-hal lain seperti faktor pengiriman yang bikin frame rusak, tapi mungkin bisa ditingkatkan pengamannya, misalnya bubble wrap lebih tebal lagi. That’s what I said personally to the owner.

                Anyway, tuh barang kami tinggalin aja di Kerinci. LM nya saya ambil, of course. Hehe. Kenapa? Ribet mau dibawa lagi ke Balikpapan karena mudah pecah dan udah rusak juga framenya. Biarlah jadi pajangan di rumah nenek. Jadi kenang-kenangan. Sebenarnya, setelah menerima paketan framenya, saya jadi mikir, kenapa ga buat sendiri aja? HAHA. Sebenarnya bisa aja sih saya buat sendiri, Cuma kemaren ga ada waktu. Cibuk. Hiks :(

                Inilah cerita maharku. Bagaimana dengan mahar kalian? Pasti lebih cantik dan unik yah. Have a nice day lovely people. :)


-MS-


-MS-

No comments:

Post a Comment