Monday 1 April 2019

NHW 9 Bunda Sebagai Agen Perubahan


                Assalamualaikum, hello blogworld! Pejam celik pejam celik akhirnya kita sampai juga di NHW ke-9, tak terasa waktu begitu cepat berlalu banyak sekali pencerahan yang saya dapatkan melalui program kuliah matrikulasi IIP ini. Setelah melalui prose pembelajaran yang berkelanjutan, hmmm kira-kira saya sudah menemukan jati diri dan misi hidup belum ya? :D Kadang masih suka galau, apakah yang saya lakukan susah sejalan dengan keinginan atau tidak, apakah sesuai dengan goal saya di awal belum, tapi the most important thing is just do it sih, kalo saya ;)


                The final task ini meminta saya untuk melakukan suatu solusi dari permasalahan yang terdapat dalam ruang lingkup keluarga maupun masyarakat. Hmmmm as an introvert, hal beginian amat sulit ya bagi saya, apalagi mencapai lingkup luar rumah. But someone gotta take the first step, right? Sebelumnya di NHW 8 saya menuangkan bahwa passion saya adalah mengajar. Ruang lingkup utk mengajar ini luas sekali dan saya akan fokuskan pada 3 hal yang menurut saya bisa saya lakukan yaitu, mendidik anak (mini library utk cluster, parenting, playdate), edukasi menggendong dan edukasi (dan aksi) cinta lingkungan.

Mendidik Anak

Minat Hobi Ketertarikan
Skill, hard, soft
Isu Sosial
Masyarakat
Ide Sosial
·         Mengajar
·         Membaca

·         Berdongeng
·         Membuat prakarya
·         Kurangnya minat baca di kalangan orang tua dan anak di kompleks
·         Anak usia dini
·         Anak usia sekolah
·         Orang tua
·         Membuka perpustakaan mini di rumah dan mengizinkan anak-anak kompleks membaca setiap seminggu sekali
·         Mengadakan sesi mendongeng

Edukasi Menggendong

Minat Hobi Ketertarikan
Skill, hard, soft
Isu Sosial
Masyarakat
Ide Sosial
·         Mengajar
·         Membaca
·         Parenting

·         Public speaking
·         Tutorial mengendong
·         Informasi tentang menggendong yang aman dan nyaman belum tersampaikan secara meluas
·         Orang tua
·         Tenaga kesehatan
·         Bayi
·         Sosialiasi menggendong di posyandu bersama komunitas
·         Edukasi menggendong pada setiap kegiatan Temu Penggendong
·         Kelas Menggendong

Cinta Lingkungan

Minat Hobi Ketertarikan
Skill, hard, soft
Isu Sosial
Masyarakat
Ide Sosial
·         Mengajar
·         Lingkungan

·         Memilih dan mengolah sampah
·         Kurangnya kesadaran dalam mengolah sampah
·         Masih terjadi aktivias membakar sampah
·         Membuang atau menggunakan semula minyak jelantah

·         tetangga
·         edukasi ke lingkungan tetangga tentang pentingnya mengolah sampah dan mempraktekkan gaya hidup zero waste (via meeting tetangga dan WAG)
·         membuka drop point untuk minyak jelantah dan eco brick di rumah

                One step at a time, semoga semuanya berjalan lancar dan memawa kebaikan untuk semua. AAMIIN

-MS-

No comments:

Post a Comment